Letak (Green Valley) Citumang



formasi lingkaran

Pernahkah mencoba mengunjungi objek wisata Citumang? Citumang merupakan objek wisata yang berdaya tarik khusus, yakni sebuah sungai yang mengalir membelah hutan jati dengan kebeningan airnya yang sangat terjaga. Tepian sungainya memiliki ornamen batu-batu yang sangat mengagumkan karena dihiasi juga dengan relief alam. Aliran sungainya menembus ke dalam gua.
Suasana di Citumang sangat hening. Ketika ke sini secara langsung Andapun bisa segera mendengarkan dendangan alam berupa suara gemericiknya air sungai yang mampu membangkitkan ide-ide, ditambah dengan bisikan angin sepoi-sepoi yang menyelinap diantara pepohonan dan suara satwa hutan yang jarang sepi. Kesegala fenomena alam ini akan langsung menyergap Anda seketika berada di Citumang. Inilah yang menjadi daya tarik dan membuat mereka yang telagh berkunjung kesini merasa tak bosan kalaupun berlama-lama di Citumang.


air terjun citumang


Asal-usul

Nama Citumang berasal dari legenda tentang seekor buaya buntung, Si Tumang. Begitu kuatnya kepercayaan penduduk akan kehadiran buaya buntung tersebut sehingga sampai sekarang meninggalkan nama yang melekat kuat menjadi nama sungai. Versi lain kisah Citumang, berasal dari Cai (air dalam bahasa sunda) yang numpang (cai numpang) yang berkaitan dengan adalah air sungai yang mengalir di bawah tanah.
Menikmati Citumang, tidak sekedar mandi dan berenang seperti yang selama ini banyak dilakukan wisatawan asing, tapi Anda bisa melakukan kegiatan lainnya seperti: menikmati suasana sepanjang sungai, petualangan ke dalam goa dan menikmati privacy di tengah alam yang asli, sejuk dan eksotis. Maka, Citumang layak untuk dijadikan salah satu tujuan wisata ketika Anda berniat mengunjungi Kawasan Pangandaran.



ceria di citumang

Lokasi
Objek wisata Citumang berada di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat –Indonesia. Dari Pangandaran jaraknya hanya 15 km saja, dan hanya 4 km dari jalan raya Pangandaran – Cijulang.
Selamat Berkunjung!

Posting Komentar

0 Komentar

Slider Parnert

Subscribe Text

Ikuti Kami Di Instagram